Wednesday, September 3, 2008

Utamakan Tuhan!

Hari ini aqu bangun cukup pagi, lebih pagi dari biasanya. Ga pagi-pagi amat, emank, tapi sengganya, cukup buat aqu awalin hariqu dengan doa n SaTe [SaTe = saat teduh]. Tapi kenyataannya, keadaannya ga segampang itu. Aqu dihadapin ama pilihan yang menurutqu, cukup bikin aqu bingung n ragu.

Hari ini, tanggal 3 September 2008, bakal ada ulangan Sejarah! Pelajaran yang menurutqu cukup berat buat seorang yang ngambil jurusan IPA, karena hafalan semua n ga bisa make logika. Hari seblomnya aqu uda blajar, tapi menurutqu masi kurang banget. Bahkan 2 dari 5 halaman rangkumanqu blom aqu afalin, n 1 halaman cuma qubaca n ingetin sekilas. Intinya, aqu baru yakin hafal 2 halaman pertama.

“SaTe dulu baru blajar? Wuih, mana cukup, Dad!” [Dad = Bapa = Jesus Christ] Itu yang kelintas di kepalaqu. Aqu duduk di pinggir ranjang, bingung muzti gimana. Sampe akhirnya aqu ngambil keputusan buat ngambil buku Purpose Driven Life, buku SaTequ saat ini. Aqu mulai SaTequ, ngebaca halaman demi halaman, ampe akhirnya qututup ama doa, n aqu mulai lanjutin kegiatan hari itu. Aqu mandi, dengan keadaan yang cukup deg-degan, karena waktu bakal mepet banget.

Selesai mandi n makan [yang dengan buru-buru qulakuin], aqu langsung make sisa waktu beberapa menit bwat ngulang bahan ang qupelajarin kemaren. Ampe akhirnya sampe di skul, n aqu mulai pelajaran di skulqu, di mana itu berarti aqu uda ga mungkin lagi nyentuh buku Sejarah n blajar.

Singkat cerita, aqu mulai ulangan di jem pelajaran setelah istirahat. Seblom ulangan, di waktu-waktu terakhir, aqu cuma bisa bilang, “I surrender all”. Aqu nyerahin segalanya ke Tuhan. Soal demi soal qukerjain, ampe akhirnya 25 soal selesai.

Selesai ulangan di kumpul n malemnya [di doa puasa grejaqu] aqu diingetin lagi ama kejadian ini. Waktu itu pikiranqu lagi dipenatin ama ulangan Biologi n Bahasa Indonesia besok, ampe aqu jadi sedikit ga konsentrasi. Tuhan sadarin aqu, aqu bisa ngerjain ulangan Sejarah itu dengan tenang, n cukup bisa. Mungkin ga dapet nilai sempurna, tapi aqu yakin itu lewat KBM [nilai minimal].

Tuhan ingetin aqu lagi, saat aqu mau berserah n ngutamain Dia di atas segalanya, Dia ga akan ngecewain aqu. Bukan berarti dengan aqu SaTe, doa, n laen-laen, aqu ga perlu lagi belajar. Ya, perlu banget belajar. Tapi 1 hal yang aqu tau, aqu ga akan bisa ngerjain soal itu tanpa Tuhan di sisiqu. Dia yang mampuin aqu buat ngehafal, Dia yang bantuin aqu tenang selama ulangan dijalanin, semuanya dari Dia.

Guyz, yuk blajar utamain Tuhan n berserah ama Dia. Bukan cuma di waktu n keadaan yang qta suka n mau di mana semuanya baik-baik aja, tapi juga di saat-saat yang mungkin bikin qta ngerasa itu ga enak, ngerasa ragu, n bimbang. Di waktu-waktu di mana qta dihadapin ama 2 pilihan yang sama-sama penting. Blajar itu baik, tapi yang terutama n terbaik adalah saat qta ngutamain Tuhan. :)

Utamain Dia, karena Dia uda jauh lebih dulu ngutamain qta!

JBU n JLU…

No comments: