Wednesday, November 26, 2008

The Faithful John Hus

Huwa… hari-hari yang melelahkan. Haha… Abiz ujian, blajar lagi. Apalagi hari ini, ujiannya siang, setelah istirahat pertama. Seblom ujian, sempet plajaran PE [physical education = olahraga] dulu lagi. ^^’ Tapi, over all, aqu ga nyesel blajar hari ini. Ga rugi…! Tadi aqu nonton 1 film paz pelajaran Religion. Ya masuk di bahan pelajaran se filmnya. Tentang seorang bernama John Hus...

John Hus adalah seseorang yang mati martir di abad pertengahan gitu. Klo ada yang tau Martin Luther [Luther yang ini beda ama Martin Luther King low…], si John Hus ini di masa seblomnya. Mo tau apa qutonton tentang John Hus? Baca paragraf [panjang] di bawah ini yow... ^o^



John Hus hidup di Bohemia, Eropa. Negara-negara Eropa waktu itu adalah negara-negara Kristen [or katholik gitu lah, pokoe pecaya Yesus]. Tapi sayangnya, pihak kerajaan n pemerintah, juga greja-grejanya, nyalah-gunain Firman.

Ceritanya gini... Greja waktu itu tuw ngajarin klo keselamatan bisa dibeli pake suatu surat. Ga inget nama suratnya, tapi surat itu bakal berisi semacem tanda perjanjian klo lo uda diselametin. Nah, dari surat yang muzti dibeli itu lah, si greja ngambil untung! OMG banget kan?

Loh, kenapa orang-orangnya ga sadar klo mereka ditipu? Kan Bible sendiri bilang klo keselametan didapet dengan iman kepada Yesus...? Ya iya lah mereka ga tau. Kenapa? Di situ, yang bole baca Bible tuw cuma yang dianggep rohaniawan, kaya pastor, uskup, or apalah... So, jemaatnya ga perna baca langsung gitu. Pluz Bibolenya pun pake bahasa Yunani, Ibrani, n Latin, jadi klo bole megang juga kayanya mereka ga ngerti. ^^; Truz klo kotbah, ga pake bahasa Bohemia yang mereka ngerti, pake bahasa laen. Kacau banget keadaan waku itu…

John Hus adalah salah 1 petinggi agama di sana. Gurunya, yang juga petinggi agama, perna neliti tentang kebenaran bahwa keselamatan tuw ga bisa dibeli pake duit. Tapi sayang, si gurunya itu keburu mati dibunuh ama pihak ‘musuh’, n juga mati martir. John Hus, nerusin perjuangan gurunya. Karena petinggi agama, dia bole baca Bible langsung, n dia pun terjemahin Bible ke bahasa Bohemia. Dia juga ngajarin ke jemaat klo keselamatan tuw ga bisa dibeli pake duit, tapi lewat iman ke JC doank. Eh... Si pihak uskup n grejanya ga sneng gitu. Akhirnya dia ditangkep, walau ga bisa dibuktiin bersalah coz semua yang dia beritain berdasarkan Bible.

Temen-temen John Hus ada di pihak dia. Raja n jemaat juga. Sayang, petinggi-petinggi agamanya licik... Pake berbagai trik n pemaksaan, mereka bikin John Hus terpojok. Sampe akhirnya John Hus sendirian. Temen, raja, jemaat, semua ninggalin dia. N dia waktu itu dalam keadaan dipenjara tanpa terbukti apa kesalahannya, n sidang pun di undur-undur.

Dalam keadaan yang kaya gitu, John Hus tetep setia ama God. Dia ga nyangkal God dengan ngakuin klo dia salah. Klo dia ngakuin dia salah, berati dia nyangkal firman yang dia beritain kan? Dia tetep setia! Bahkan walau semua orang ninggalin dia satu-persatu, dia setia! Lebih lagi, sampe dia mati dibakar hidup-hidup [ya, masi kebukti ga bersalah padahal], ga sekali pun dia nyangkal God! What a faith...!



OMG... Ngenes banget paz nonton film ini. Perna ga se temen-temen bayangin klo qta hidup di jaman itu? Jaman di mana buat beriman ama firman tuw kudu bertaruh nyawa. Jaman di mana nyawa qta, orang-orang percaya, bisa melayang kapan pun juga. Aqu bener-bener ga kepikiran gimana klo aqu yang hidup sebagai John Hus.

Klo aqu jadi dia, apakah aqu bakal tetep setia? Apakah kamu bakal tetep setia?

Apakah qta bakal tetep setia, walau nyawa taruhannya?

Kesetiaan berarti kehidupan kekal di surga. Sebaliknya, penyangkalan bakal berati kematian kekal di neraka. Hal ini juga berlaku di hidup qta sekarang, walau sekarang ga ada lagi pembakaran hidup-hidup kaya di abad pertengahan itu, tapi kesetiaan qta ama God bakal tetep diuji dengan tiap masalah-masalah, sikon-sikon, n berbagai hal di dalam perjalanan hidup qta.

Which do you prefer, to be faithful or the other one? The choice is yours, Guyz! Hope you’ll choose the right one. ^o^

JBU n JLU...

No comments: