Saturday, February 23, 2008

Pacaran dengan Prinsip Bible? Gimana ya...?

Hari ini ibadah V’day Dynamic Youth Community. DAD kasi qta seorang pengkotbah yang luar biasa, namanya Ci Febe *how to write it ya? :P*, yang ternyata adalah istri dari Ko Stanley, pengkotbah SMK qta yang pertama tentang hubungan lawan jenis. Sama juga dengan Ko Stanley, Ci Febe kotbah tentang hubungan lawan jenis. ;)

Kenapa aqu sebut mereka [Ko Stanley n Ci Febe] sebagai pengkotbah yang luar biasa? 1 hal yang qta juga perlu belajar dari mereka, mereka selalu tegas waktu bawain kotbah tentang hubungan lawan jenis, ampe waktu talk show. Ga ada toleransi buat hal-hal yang ga sesuai firman.;)

You know Guyz… Hubungan adalah 1 hal yang penting di hidup qta.. Ini nentuin gimana qta akan hidup. Salah 1nya adalah hubunngan lawan jenis. Cowo ama cewe, n cewe ama cowo. Banyak orang [bahkan orang Kristen] yang terjebak dalam hal ini. Bahkan sebagian besar dari orang yang terjebak hal ini sendiri, sebenernya tau klo hubungan emreka ga sehat. Tapi mereka tetep jalanin hubungan itu n ngikutin nafsu dunianya.

Guyz, bangun! Sadar, ga ada cinta yang lebih besar dari cintanya Jesus Christ yang uda ngasi nyawanya sendiri buat qta. Ga ada…! Bahkan suami or istri qta di masa depan nanti. Aqu ga bilang klo itu berarti ga penting buat punya pasangan hidup. Ya, qta bakal punya.

Tapi siapa yang akan jadi pasangan hidup qta? Pertanyaan ini sering muncul buat youth kaya aqu. Sekali lagi, DAD jawab pertanyaan qta. Ya, lewat kotbah hari ini. ;)

Dasar dari hubungan qta dengan adalah 2 Timotius 2 : 22. Garis bawahin kata ‘dengan hati yang murni’, bukan cuma nafsu sesaat. Cinta versi dunia yang Cuma saat ini berapi-api, tapi ujung-ujung pupus gto aja. Sebagai contoh, klo 1 cewe lagi butuh tumpangan pulang, n 1 cowo nganterin dia pulang, bukan karena cowo itu pengen dapet perhatian lebih dari tuw cewe aja. Yang qudapet dari DAD, hati yang murni di sini bicara tentang motivasi. Apa motivasi dari tindakan qta? :)

Yang ke2, hubungan lawan jenis kudu seimbang, sesuai dengan standar DAD, yaitu seiman n sevisi. Karena itulah banyak pemimpin rohani bilang klo qta ga bisa punya PH yang bukan orang yang percaya DAD. Bukan sekedar beragama Kristen, tapi juga hidup kristen, yaitu hidup ikutin DAD. ;) Itu bukan Cuma cuap-cuap pemimpin biar qta bisa tetep greja, tapi ada dasar prinsip firmannya euy... 2 Korintus 6 : 14-15 jelasin itu. Inegt, terang ga bisa bersatu dengan gelap. :)

Pasangan yang seimbang adalah saat cowo n cewe bisa ngambil bagiannya masing-masing. Cowo kudu punya visi n bertanggung jawab, punya bagian sebagai leader atas keluarganya, yang bisa ngebawa keluarganya lebi deket lagi ama DAD, bukan makin jao. N cewe sebagai helper, punya roh yang lemah lembut [bukan lemah gemulai yang ngomongnya ala Wong Jowo, tapi roh yang mau dibentuk ;)].

Yang DAD mau bukan pacaran ala dunia yang cuma ngmong tentang gandeng tangan, ciuman, etc. Tapi hubungan tunangan yang pazti masuk ke jenjang pernikahan, bukan Cuma coba-coba kaya pacaran. Coba liat tentang Adam. Dia dapetin Hawa waktu dia lagi sibuk ‘kerja’ buat DAD, bukan karena dia nyari-nyari. Guyz, DAD akan kasi qta yang terbae, bukan yang sembarangan. N pasangan hidup qat akan DAD kasi klo waktunya uda tepat. Ga usa buru-buru... DAD tau koq, waktu yang paz buat qta. Percaya de, DAD tau yang terbae bwat qta. ;)

1 Korintus 10 : 23 n 31 ngasi aqu gambaran tentang syarat tindakan dalam hubungan lawan jenis. Membangun, berguna, muliain nama DAD. Contoh, banyak orang tanya, bole ga pegangan tangan dll. Tertulis di Bible, semuanya bole, tapi ga semuanya guna, ngebangun, n muliain DAD. Coba evaluasi, apakah pegangan tangan, ciuman, etc itu uda menuhin 3 syarat itu? Klo blom, harusnya qta tau, apa yang muzti qta lakuin. ;) Tadi Ci Febe ngasi aqu ilustrasi kocak. :D Klo seorang cewe buta mo nyeberang jalan, bole ga cowonya pegang tangan dia n nuntun dia? Balik lagi, menuhin 3 syarat itu ga? Analisisqu bilang, menuhin tuw. Berguna [biar cewenya ga ketabrak], membangun [coz saling menolong], n muliain DAD [dengan saling nolong, qta muliain DIA] koq. ;) Tapi klo ga buta gimana? Low, emank cewenya ga bisa nyeberang sendiri? :D

Inti dari semuanya adalah, hubungan yang bener adalah hubungan yang sesuai dengan maunya DAD. Guyz n Galz bole tenang, coz DAD pazti uda sediain pasangan hidup yang terbae bwat qta. Tinggal tunggu timing yang tepat. ;) Contoh nyatanya adalah CI Febe n Ko Stanley sendiri. Mereka ‘jadian’ di depan pemimpin rohani mereka sendiri. N mereka berhasil... Pernikahan mereka bener-bener kudus. N bukan ga ada tantangan bwat mereka. Tapi mereka tetep bergantung ama DAD n ngutamain DIA. Itu yang bikin pernikahan mereka berhasil. Buktinya? Hidup mereka ‘wow’ banget, n mereka bisa bagiin hal ini ke qta-qta. ;) Ci Febe bilang hal yang sama dengan Ko Stanley dulu, betapa bangganya waktu mereka nikah dengan kudus n DAD restuin mereka. :)

So Guyz, yang pengen jadi kaya mereka, yu qta berjuang ama-ama. Aqu sendiri juga masi youth n ngerasain banyak tantangan dalam hubungan lawan jenis. Yu Guyz, belajar ama-ama bwat bangun hubungan yang sehat, sesuai dengan kemauan DAD. N DAD akan kasi qta yang terbae... ;)

JBU n JLU...

Notez : Need a share about relation ship with other gender? Or somethings aren't clear? Just tell me by adding message in the shout box. ;)


No comments: